Yuk, Wisata Alam di Lembah Ngingrong Gunungkidul

Artikel 2018 Sru Bareng

Menikmati alam di Gunungkidul tidak akan ada habisnya, pesona yang ditawarkan beraneka ragam. Salah satunya adalah wisata alam lembah ngingrong. Lembah Ngingrong sendiri terletak di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Sejak dinas pariwisata Gunungkidul membangun Taman Geopark di sebalah barat lembah, pemerintah desa bersama masyarakat sejak tahub 2016 lalu menjadikan lembah ini sebagai destinasi wisata yang dikelola oleh desa.

Lembah Ngingrong ini memiliki luas sebesar 10 hektare dan memiliki kedalam kurang lebih sekitar 80 meter. Dengan demikian berbagai fasilitas ditawarkan ditempat wisata alam ini. Seperti adanya flying fox dengan panjang sekitar 135 meter dan berada pada ketinggian 80 meter tentunya akan membuat anda merasa tertantang untuk mencobanya. Selain itu juga ada fasilitas holling yang diperuntukan para wisatawan untuk turun menggunakan tali sampai pada dasar lembah yang terdapat goa horizontal.

Akan ada 3 tahapan ketika anda akan menuruni tali. Jangan khawatir para wisatawan akan dipandu oleh pemandu yang profesional dan tentunya alat yang digunakan sudah sangat memenuhi standart. Ketika anda sampai dibawah anda dapat melakukan susur goa. Tarif yang dikenakan ketika susur goa horizontal sebesar Rp. 200 ribu untuk 4 orang. Tetapi harga ini berbeda ketika anda ingin melakukan susur goa telaga bawah tanah, karena paket susur goa bawah tanah akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1,5 juta untuk 3 orang saja. Oya, untuk flying fox dan ATV di kenakan tarif Rp. 45 ribu per orang.

Nah, jangan khawatir untuk masalah kuliner. Berbagai macam makanan daerah telah banyak dijual diarea sana, seperti botok, sambel tawon, makanan dari ketela, pecel, nasi gudeg, gudangan, nasi thiwul dan gathot. Lembah Ngingrong ini juga merupakan salah satu dari 13 Geosite Gunungsewu Unesco Global Geopark yang ada di Gunungkidul dan pemerintah setempat terus mendorong pengembangan oleh masyarakat untuk perekonomian.

Lembah Ngingrong sangat mudah dijangkau karena hanya 3 kilometer dari Kota Wonosari, letaknya di pinggir jalan menuju pantai selatan, sehingga wisatawan mudah untuk mengunjunginya. Selamat berseru seruan disana ya teman. Ingat selalu berhati hati dan tetap jaga kebersihan di alam kita ya.

 

Share Artikel Ini
9Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *