Tutorial Excel Part 5 (Memahami Fungsi If Boolean)

Artikel 2018 Sru Tekno Tutorial Excel

Tutorial excel part 5 merupakan kelanjutan dari part 4 yang sebelumnya. Pembahasan mengenai fungsi if, untuk kali ini pemahaman fungsi if boolean. Nah, fungsi if boolean sendiri menggabungkan 2 kriteria yang memang wajib terpenuhi. Terpenuhi disini harus benar-benar dimasukkan dalam fungsi rumus.

Jika bingung maka silahkan simak contoh berikut ini.

Dari instruksi soal diatas dikatakan Lulu jika nilai teori dan nilai prakteknya harus diatas 60. Artinya kedua nilai tersebut wajib diatas 60. Penulisan rumus diatas adalah “=IF(AND(E4>=60;F4>=60);”LULUS”;”ULANG”)” Nah dari rumus tersebut AND(E4>=60;F4>=60) berarti nilai pada cell E4 dan F4 wajib diatas 60. Jika kedua nilai tersebut terpenuhi dan benar maka dia “LULUS” selain itu “ULANG”.

Mari menuju contoh yang kedua yaitu penggunaan OR yang artinya jika nilai salah satu kriteria terpenuhi maka dinyatakan benar.

Contoh diatas hampir sama dengan contoh atasnya yang membedakan hanya pada AND dan OR saja. Dalam contoh dituliskan =IF(OR(L4>=60;M4<3);”LULUS”;”ULANG”) artinya jika salah satu diantara L4 atau M4 memenuhi kriteria maka dinyatakan lulus. Misalkan dalam kasus diatas, perhatikan no 5 untuk Nama Marisa Haq. Nilai dia adalah 54 yang seharusnya dinyatakan mengulang, tetapi absen dia memenuhi yaitu kurang dari 3. Karena salah satu memenuhi kriteria lulus maka dianggap lulus.

Semoga membantu teman srupud semua. Jangan lupa like dan share ya.

Share Artikel Ini
18Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *