Tutorial Excel Part 4 (Fungsi If Tunggal dan If Majemuk)

Artikel 2018 Sru Tekno Tutorial Excel

Tutorial Excel part 4 kali ini yaitu mengenai penggunaan fungsi if. Fungsi if pada excel terdapat 2 macam yaitu if tunggal dan if dalam bentuk majemuk atau bertingkat. If tunggal cuma membandingkan dua hal yang berbeda antara benar dan tidak. Misal contoh sederhana adalah Nilai Budi 80. Nilai minimal mengulang adalah 60. Jadi logikanya Jika nilai budi lebih dari 60 maka Lulus. Perhatikan video dibawah ini untuk lebih jelasnya.

IF TUNGGAL

Dalam video diatas penulisan kata LULUS dan ULANG wajib menggunakan tanda petik dua ( ” ) karena bentuk teks. Jika bentuk angka tidak perlu menggunakan tanda petik dua.

Contoh selanjutnya dalam if tunggal bentuk angka

Nah dua video diatas membandingkan 1 kolom saja. Bagaimana jika pembanding 2 kolom. Simak video dibawah ini penggunaan if tunggal dalam 2 kolom

Sudah cukup jelas ya penggunaan if tunggal. Dalam artian if-nya cuma satu. Sekarang menuju penggunaan if majemuk atau bertingkat. Penggunaan if-nya lebih dari satu.

IF MAJEMUK atau BERTINGKAT

Penulisan if seperti video diatas disebut majemuk atau bertingkat. Dalam video ada 4 kriteria yang wajib dipenuhi yaitu kelas I, E, S, dan D. Nah penggunaan if cukup 3 saja. Jika misal ada 5 kriteria maka if-nya cukup 4, misal ada 10 maka if-nya ada 9 dst. Dalam video kurung penutup mengikuti jumlah banyaknya if. Jika if-nya 3 maka kurung penutup juga 3.

Di video jika diterjemahkan dalam kata-kata adalah sebagai berikut:

Jika cell D5 adalah huruf I maka Informatika, selain itu jika D5 adalah huruf E maka Exim, selain itu jika D5 adalah S maka Sekertaris dan terakhir selain I, E, S maka Desain Grafis.

Contoh if majemuk selanjutnya

Semoga dapat membantu ya contoh contoh diatas.

Share Artikel Ini
40Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *