Tutorial Excel Part 3 (Rumus Relatif dan Rumus Absolut)

Artikel 2018 Sru Tekno Tutorial Excel

Memasuki bagian ketiga mengenai pembelajaran aplikasi microsoft excel. Untuk bagian ketiga kita membahas mengenai penggunaan rumus relatif dan rumus absolut. Perlu diketahui untuk rumus relatif, yang dimaksut rumus relatif adalah rumus yang berubah baik secara baris dan kolom ketika anda menarik pointer mouse (copy) baik kebawah, atas, samping kiri, samping kanan. Perhatikan contoh rumus relatif dibawah ini, agar jelas yang kita maksutkan.

Pada kasus diatas kita menghitung total diperoleh dari perkalian antara =E6*F6, jika rumus ditarik kebawah maka secara otomatis rumus mengikuti baris dan kolomnya menjadi =E7*F7 dst

Nah, cukup jelas ya yang dimaksutkan dengan rumus relatif. Jika bingung bisa coba tinggalkan comment dibawah. Sekarang mari kita bahas mengenai rumus absolut. Rumus absolut excel jelas berkebalikan dengan Rumus relatif. Jika anda menggunakan rumus absolut maka dikarenakan kasus tertentu terjadi pada data anda. Rumus absolut nilai cell tidak akan berubah ketika anda menggesernya. Penulisan rumus absolut berbeda yaitu dengan menambahan $ diantara cell. Rumus absolut dibagi menjadi 3 yaitu Absolut Baris, Absolut Kolom dan Absolut Mutlak

Contoh RUMUS ABSOLUT:

Absolut Mutlak = $E$6 (Terdapat $ di keduanya baik pada baris maupun kolom artinya jika rumus dicopy kemanapun maka memiliki nilai tetap)

Absolut Baris = E$6 (Terdapat $ di depan angka/baris artinya jika dicopy, nilai yang tetap adalah hanya pada baris sedangkan untuk kolom dapat berubah)

Absolut Kolom = $E6 (Terdapat $ di depan huruf/kolom artinya jika dicopy, nilai pada kolom adalah tetap dan nilai pada baris dapat berubah)

Cara Pemberian Rumus Absolut:

Absolut Mutlak = Tekan tombol F4 sebanyak 1x

Absolut Baris = Tekan tombol F4 sebanyak 2x

Absolut Kolom =  Tekan tombol F4 sebanyak 3x

Contoh Kasus Penggunaan Rumus Absolut.

Rumus Absolut Baris Excel
Rumus Absolut Baris Excel

Absolut baris pada kasus contoh 1 diatas menggunakan rumus =F8*D$8 dan ketika dicopy kebawah maka nilai D$8 adalah tetap atau tidak berubah yaitu pada baris 8, berbeda dengan cell F8 yang berubah mengikuti pergerakan barisnya menjadi F9, F10 dst.

RUMUS ABSOLUT KOLOM EXCEL
RUMUS ABSOLUT KOLOM EXCEL

Absolut Kolom pada kasus contoh 2 diatas menggunakan rumus =N9*$O7 dan ketika dicopy kesamping nilai $O7 tidak berubah yaitu tetap berada pada kolom O. berbeda dengan N9 akan berubah mengikuti kolom ketika bergeser menjadi O9, P9 dst. Nah, sekarang mari kita coba menggunakan gabungan yaitu Rumus absolut mutlak, absolut baris, dan absolut kolom. Perhatikan contoh dibawah ini:

Perhatikan dengan detail untuk kasus contoh soal 3 diatas. Untuk Nilai Cell Saldo Awal adalah tetap yang artinya tidak akan berubah walapun nantinya akan digeser/copy kebawah ataupun ke kanan yaitu pada cell C6 karena tetap maka wajib di absolut mutlak dengan menekan F4 sebanyak 1x menjadi $C$6. Untuk Nilai Bunga yaitu tetap berada pada baris yang sama yaitu C8 sehingga yang perlu diabsolut hanya baris saja menjadi C$8. Untuk waktu nilai tetap berada pada kolom yang sama yaitu B9 sehingga diabsolut kolom menjadi $B9.

Nah, teman semua bagaimana sudah cukup jelas kan dengan contoh yang kita berikan. Semoga bermanfaat ya teman srupud semua. Jika ada yang dirasa kurang jelas bisa tinggal komentar dibawah.

Share Artikel Ini
2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *