Tutorial Excel Part 1 (Excel Dasar)

Artikel 2018 Highlight Tekno Sru Tekno Tutorial Excel

Hai, teman srupud. Mengawali artikel untuk kategori tekno, kali ini dengan tekad bulad 😀 team srupud akan memberikan atau mengajarkan atau bisa dikatakan memberikan tutorial mengenai penggunaan Aplikasi Ms. Excel. Sengaja dibuat part per part agar tiap tutorial tidak kepanjangan dan tidak dibuat bingung.

Ok, mari kita berkenalan dulu dengan Aplikasi Ms.Excel yang satu ini. Kalaupun teman semua tidak pernah menggunakan aplikasi ini wajib deh kenalan dulu. Excel sendiri satu paket di dalam aplikasi Ms. Office versi berapapun yang teman teman install di komputer kamu. Paling Sering, masyarakat banyak menggunakanmya untuk tugas-tugas yang terkait dengan angka, baik skala kecil maupun sangat besar. Mulai dari pengisian data angka, rekap data angka, sampai hasil akhir berupa cetak/print laporan angka-angka tersebut.

Wajib halnya anda mengetahui aplikasi yang satu ini identik dengan warna hijau seperti dibawah ini.

Blank page excel

Untuk tiap penjelasan bagian bagian dari excel sendiri saya diskripsikan seperti gambar dibawah ini.

Diskripsi bagian excel

Nah, apa saja fungsi dari setiap bagian excel seperti gambar diatas kita langsung praktek aja untuk part 1 ini ya teman-teman. Media dimana kita menulis adalah di bagian CELL, bebas teman semua, menggunakan / meng-klik bagian cellnya. Setiap cell yang anda pilih/klik/select maka pada bagian Name Box akan memberikan informasi mengenai bagian cell tersebut. Dan pada bagian Formula bar akan menampilkan text yang kita ketik.

Ketikan pada cell bebas, misal kata srupud pada cell “B3”

Nah, bisa ya. Mudah banget. Ok, sekarang bagaimana cara mengcopy text tersebut tanpa harus Ctrl C dan Ctrl V. Cara nya adalah dengan menarika text tersebut. Sebelumnya sedikit penjelasan mengenai tampilan perbedaan mouse pointer ketika berada di cell. Berikut informasi gambarnya.

Nah berarti anda menggunakan bentuk pointer mouse ke tiga dari gambar diatas. Arahkan mouse pada bagian sudut kanan bawah cell yang dipilih, tahan dan tarik kebawah atau atas atau kanan atau kiri bebas. Bisa dong.. Hehe… kalau berhasil silahkan teman srupud dapat melakukan yaitu merubah jenis font, ukuran, warna sehingga setiap cell berbeda. Agar familiar posisi menu untuk font-nya.

Ok, tahap selanjutnya yaitu pemberian kotak(Border) pada cell. Cell sendiri sudah kotak-kotak bentuknya tetapi sebenarnya jika kita cetak kotak tersebut tidak akan nampak, nah biar nampak maka kita beri border pada cell tersebut. Letak menu di sebelah kanan huruf U/Undeline pada gambar diatas (Kotak bergaris titik titik) Klik aja

Its works. Well DONE. Good Job. Hahaaa… biar tidak tegang. Next yaitu Merger Cell. Fungsinya adalah untuk menggabungkan beberapa kolom atau bari menjadi satu. Caranya dengan blok beberapa cell kemudian pada menu Home -> Alignment -> Merge.

Sudah mahir ya sekarang. Tugas simple yaitu buatlah seperti contoh dibawah ini.

Semoga berhasil. Jangan lupa share postingan ini ya. Sertakan link sumber artikelnya. Berlanjut Part 2.

Share Artikel Ini
5Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *