Tips Seru Membersihkan Karang Gigi

Artikel 2018 Sru Tips

Hai, teman srupud semua. Tips seru membersihkan karang gigi kali ini akan kita sajikan buat kalian. Pernah dong, mengalami yang namanya karang gigi. Paling menyebalkan sekali bukan, selain tidak enak dipandang, karang gigi sendiri kadang menimbulkan bau mulut yang tak sedap, sehingga membuat kita semua tidak pede. Karang gigi yang tidak dibersihkan akan menumpuk menjadi banyak, dan akan semakin susah dibersihkannya. Sebelumnya mari kita kenali lebih dekat mengenai karang gigi itu sendiri.

Karang gigi terletak jelas pada gigi kita. Pada dasarnya gigi merupakan tempat bersarangnya berbagai macam bakteri. Maka dari itu kita diwajibkan untuk rutin membersihkan gigi atau menggosok gigi. Karang gigi terbentuk melalui reaksi kimiawi antara zat protein dengan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan juga bakteri yang tersisa di gigi. Hasil dari reaksi tersebut akan membetuk sebuah plak yang berwarna kuning yang menempel pada gigi. (Hati-hati ya teman kalau gigi kuning merupakan gejala muncul karang gigi). Apabila plak dibiarkan, maka jelas akan semakin mengeras dan melekat pada gigi sehingga menyebabkan karang.

Penyebab Muncul Karang Gigi

  1. Tidak Rajin menggosok gigi/membersihkan gigi setelah makan.
  2. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein (Kopi, Teh), kebiasaan merokok, dan juga kebiasaan mengkonsumsi berlebih makanan yang manis.
  3. Cara menggosok gigi yang salah.
  4. Plak Kuning yang muncul tetapi dibiarkan atau diabaikan saja.
  5. Kurangnya rutinitas cek kesehatan gigi kepada Dokter Gigi.

Efek Negatif Karang GIGI

  1. Bau Mulut
  2. Radang Gusi (Gingivitis)
  3. Ranga Gusi Berat (Periodontitis)
  4. Gigi Berlubang, yang akhirnya menyebabkan sakit gigi.
  5. Gangguan kesehatan mulut lainnya.

Tips Seru Menghilangkan Karang Gigi

  1. Rajin Menggosok Gigi dengan Benar

    Menggosok gigi merupakan cara pertama yang memang wajib rutin teman semua lakukan. Tetapi ingat harus dengan benar dan teratur. Dengan rajin menggosok gigi maka sisa makanan yang terdapat pada sela gigi akan perlahan hilang. Minimal menggosok gigi adalah 2 kali sehari dan sebelum tidur malam.

    Cara menggosok gigi ada teknik yang diperhatikan. Menuruh The American Dental Association (ADA) diantaranya :
    – Pegang sikat gigi membentuk suduk 45 derajat dari garis gusi.
    – Lakukan gerakan sikat gigi ke arah belakang secara perlahan.
    – Jangkau seluruh bagian gigi tanpa terkecuali.
    – Untuk membersihkan bagian gigi depan, lakukan dengan miringkan sikat secara vertikal dan gosok naik turun.
    – Pastikan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari.
    – Gunakan sikat gigi berbulu lembut.
    – Ganti sikat gigi setelah 3-4 bulan pemakaian.

  2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus (Flouride)

    Cukup mudah mendapatkan pasta gigi yang mengandung flouride atau tartar control. Kandungan ini dapat secara ampuh menghilangkan karang, mencegah pembusukan makanan di gigi dan dapat memperkuat enamel gigi. Jangan lupakan no satu ya teman.

  3. Menggunakan Benang Gigi

    Benang gigi atau disebut juga Dental floss, merupakan salah satu cara juga untuk membersihkan gigi. Paling sering plak dan karang muncul pada ujung gigi berdekatan dengan gusi yang mengakibatkan sulit dijangkau. Menggunkan benang gigi dapat menjadi solusi masalah tersebut, walaupun tidak membersihkan tuntas tetapi sedikit dapat merontokkan karang. Ingat tetap berhati hati menggunakan benang gigi, jangan terlalu keras agar tidak  menipiskan email gigi dan membuat luka pada gusi teman semua.

  4. Mengkonsumsi Buah Apel atau Melon

    Bagi pecinta Apel atau Melon, buah ini dapat menumpas karang gigi. Karena kadungan Vit. C pada apel . Sedangkan pada melon sangat baik untuk memproduksi air liur, sehingga kerbersihan mulut tetap terjaga.

  5. Minum Air Putih

    Cara paling sederhana adalah mengkonsumsi airu putih. Selain baik sekali untuk kesehatan, yaitu melancarkan metabolisme, air putih ampuh untuk membersihkan karang gigi. Cukup teman semua mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Kalau untuk membersihkan karang cukup berkumur kumur saja ya teman, gak usah diminum. 😀

  6. Bakingsoda

    Bahan makanan yang sering terdapat pada dapur pada ibu-ibu sebagai bahan pengembang kue ini mampu menghilangkan karang gigi. Salah satu penyebabnya adalah karena sifat basa yang terdapat didalamnya sehingga dapat menetralkan pembusukan asam yang terjadi pada mulut.

    Untuk penggunaan dapat dikombinasi, 1 sendok teh baking soda dengan 1/2 sendok teh garam. Aduk rata kemudian oleskan pada sikat gigi. Dan lakukan sikat gigi seperti biasa. Pastikan berkumur dengan bersih ya teman. Ingat penggunaan baking soda maximal 1 kali dalam 1 minggu.

  7. Cengkeh

    Rempah-rempah yang satu ini memiliki khasiat mengatasi masalah karang ataupun plak. Kandungan senyawa bertugas sebagai anti-plak dan anti peradangan gusi.

    Cukup dengan menghaluskan cengkeh, ambil kira-kira 1 sendok teh, tuang dalam wadah dan tambahkan 5 tetes minyak zaitun, aduk hingga rata. Tahap akhir gunakan untuk menggosok gigi.

  8. Cuka Putih

    Kandungan asam yang tinggi pada cuka putih dapat menghilangkan plak dan mencegak kerusakan enamel. Dengan melarutkan 1 atau 2 sendok teh cuka ke wadah dengan air dan sedikit garam. Gunakan untuk berkumur sekali sehari.

  9. Kulit Jeruk

    Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk pun memiliki manfaat tersendiri. Selain untuk pengusir nyamuk, juga mampu menghilangkan karang dan memutihkan gigi. Hal ini karena ada kandungan limonenen, Vit. C.

    Cukup usapkan kulit jeruk pada bagian gigi teman semua yang berkarang. Diamkan kurang lebih 7 jam. Kemudian berkumur hingga bersih.

  10. Keju

    Produk olahan susu yang memiliki kemampuan meningkatkan kadar kalsium pada gigi, menguatkan enamel gigi, menetralisir asam dan membersihkan plak, karang gigi.

    Cukup mengunyah beberapa potong sehari. Pilih keju aslu yang tidak mengandung gula.

Selamat mencoba teman srupud

Share Artikel Ini
2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *