Tips Buat Bunda Saat Bayi Growth Spurt

Artikel 2018 Sru Tips

Hai, para bunda semua. Tentunya bunda semua pernah mengalami kondisi seperti ini. Bagi calon bunda atau bunda yang baru memiliki bayi akan mengalami bayi growth spurt atau lebih dikenal dengan istilah percepatan pertumbuhan si bayi. Growth Spurt ini akan membuat bayi lebih rewel dari biasanya. Kadang membuat para bunda semua menjadi panik dan kebingungan harus berbuat apa.

Jangan khawatir bunda, menurut Clare Bush, M.D yaitu asisten profesor pediatri di Columbia University Medical Center pernah mengatakan bahwa setiap anak itu berbeda beda, sehingga kita tidak tahu kapan hal tersebut terjadi. Namun, biasanya bayi mengalami hal seperti ketika berusia 7 hingga 10 hari bunda. Nah, jika hal ini terjadi berikut tips yang dapat bunda lakukan.

1. Pastikan Cukup Cairan pada Bayi

Pada waktu kondisi growth spurt terjadi pada bayi, bayi cenderung lebih lama dalam menyusu dan mengalami intensitas yang lebih sering. Nah, biasanya pada bunda mulai khawatir nih, kadang berfikiran apakah ASI yang diproduksi cukup untuk si bayi atau tidak. Jangan khawatir bunda, tubuh bunda akan mengikuti dengan selera atau nafsu makan bayi. Nah selain itu bunda juga dapat memastikan minum dengan jumlah yang cukup ya. Dipastikan buat bunda semua, membutuhkan cairan sebanyak 3 liter dalam kondisi tersebut.  Bunda dapat dengan makan sayuran berkuah, susu ataupun jus.

2. Meminta Bantuan pada yang berpengalaman

Kondisi growth spurt pada bayi akan membuat bunda lebih sibuk atau bahkan membuat kwalahan. Karena biasanya bayi akan lebih sering menyusu. Bisa-bisa bunda stres, dan dipastikan jangan stres ya bunda karena akan berdampak pada produksi ASI bunda. Nah, jika bunda mulai lelah, bunda dapat meminta bantuan kepada sang ayah ataupun keluarga agar dapat membantu dalam banyak hal sehingga bunda tetap kondisi prima. Menurut Leigh Anne O’Conner yang seorang konsultan laktasi di New York City mengatakan kondisi ini terjadi di usia sekitar 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, 6 bulan.

3. Jalan-jalan dengan Sang Bayi

Nah, jika kondisi dimana bunda sudah merasa memberikan ASI yang cukup mungkin jalan-jalan bersama sang bayi dapat menjadi solusi dalam menenangkan buah hati. Coba bunda jalan-jalan sekitaran rumah agar sang bayi tidak bosan. Kadang bunda pernah salah mengartikan tangisan bayi dikiranya lapar ternyata si bayi cuma ingin jalan-jalan saja.

Nah, semoga dapat membantu bunda semua ya.

Share Artikel Ini
2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *