Susu Alternatif yang Cocok Untuk Diet atau Alergi

Artikel 2018 Highlight Tips

Sejak kecil kita telah sering mendengar istilah yang trend, yaitu 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan yang baik untuk kesehatan dan Susu sebagai bahan ke lime yang menyempurnakan. Untuk era sekarang terkadang kita masih mendengar walapun tak sesering pada jaman 90-an, karena istilah tersebut sudah kurang relevan lagi dan dianggap sudah usang. Banyak orang beranggapan susu yang baik adalah susu sapi, tapi tidak semua orang menyukai susu sapi tersebut bahkan kadang ada yang alergi ketika meminumnya.

Kandungan susu sapi sendiri memang kaya dengan kalsium, mineral dan vitamin yang tentu baik untuk tubuh. Nah, bagi teman semua yang tidak menyukai susu sapi ada alternatif susu lain yang dapat anda konsumsi. Berikut adalah susu alternatif pengganti susu sapi yang cocok buat teman semua yang sedang diet maupun alergi terhadap susu sapi.

1. Susu Kedelai

Susu Kedelai memang sangat mudah didapatkan. Bahkan istilah susu kedelai sendiri tidak asing ditelinga, karena bahan baku yang digunakan cukup murah dan rasanyapun enggak kalah enak. Cara pengolahan susu kedelai sendiri jika dilakukan dengan benar maka bau langu yang ditimbulkan kedelai akan hilang, rasa gurih akan lebih nikmat. Mengenai nutrisi, susu kedelai tidak kalah bermanfaat dengan susu sapi walupun kaya akan kandungan protein dan kadungan isoflavon yang baik untuk tubuh. Ingat walaupun demikian, konsumsi harus sesuai takaran ya teman semua, jangan berlebihan.

2. Susu Almond

Susu almond memiliki cita rasa yang unik tetapi tidak membuat eneg jika kita meminumnya. Cukup lezat dan kaya manfaat juga. Memiliki kandungan vitamin E, rendah kalori, rendah lemak dan karbohidrat. Vitamin E sendiri sangat berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Yang disayangkan dari susu almond adalah kandungan nya yang rendah protein dan mengandung phytic acid yang membatasi penyerapan zat besi, seng dan kalsium.

3.  Susu Santan

Susu santan kadang membuat kita aneh mendengarnya. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan opor dan rendang, tetapi susu santan sendiri penuh khasiat asalkan menggunakan dengan ukuran yang tepat. Rasa susu santan sendiri memiliki cita rasa manis, gurih dan kental dari daging kelapanya. Susu santang tidak mengandung protein, mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi kandungan medium-chain triglycerides (MCTs) yang dapat membantu kita mengurangi nafsu makan dan turunkan berat badan.

4. Susu Oat

Susu oat sangat mudah didapat untuk saat sekarang. Banyak sekali supermarket menjual susu oat. Rasa yang enak membuat ketagihan. Rasa manis yang ringan, susu ini mengandung beta-glucan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan level gula dalam darah. Selain itu bagi ibu menyusui, ada yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi susu oat maka dapat mendukung produksi ASI menjadi lebih banyak.

5. Susu Kacang Mete

Susu kacang mete cukup sangat asing kita dengar, padahal manfaatnya sendiri tidak kalah dengan susu yang lainnya. Rasa krimi yang kental dan kaya, susu kacang mete ini memiliki rendah kalori dan karbohidrat, rendah protein sehingga cocok bagi yang diet.

Nah, semoga dapat membantu untuk memberikan masukan bagi teman semuanya. Semoga bermanfaat ya teman srupud. Jangan lupa like, share dan tinggal kan komentar positif untuk membangun menjadi lebih baik lagi.

 

Share Artikel Ini
2Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *