Surga Karang di Taman Nasional Taka Bonerate

Artikel 2018 Sru Bareng

Taman Nasional (TN) Taka Bonerate, mungkin sebagian orang belum pernah mendengar nama Taman Nasional yang satu ini. Taman Nasional Taka Bonerate sendiri terletak pada Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Taman Nasional ini merupakan tempat yang memiliki gugusan pulau karang terbesar ketiga di Dunia. Hal ini berdampak pada keindahan alam bawah laut yang bisa dikatakan sebagai surga bawah laun di sulawesi selatan.

Tidak dapat diragukan mengenai ikan-ikan nya dan keanekaragaman bawah laut yang indah. Untuk kesana anda bisa melalui Makasar, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke kota utama di Kab. Kepulauan Selayar yakni Benteng via Kab. Bulukumba. Nah, jika anda ingin kesana berikut ada beberapa pilihan transportasi yang mungkin bisa anda gunakan diantaranya :

  1. Transportasi Udara

    Transportasi Udara jelas kita dapat menggunakan Pesawat terbang yang dapat anda akses dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makasar) menuju Bandara H. Aeropala (Selayar). Armada yang digunakan adalah pesawat jenis ATR. Guna menghemat waktu, tersedia pesawat Sabang Merauke Air Charter yang melayani rute Makassar-Selayar. Anda bisa tiba di Bandara Aroepalla, Selayar, dalam waktu 40 menit. Armada yang digunakan ialah jenis ATR72-600 berkapasitas 70 orang, yang dioperasikan oleh Trans Nusa, Wings Air, dan Garuda Indonesia.

  2. Transportasi Darat Bus Umum

    Jika menggunakan Bus umum anda dari Bandara Sultan Hasanuddin Makasar menuju terminal Bus Mallengkeri, dapat menggunakan taksi dengan biaya sekitar 125rb. Bus tersedia di terminal tersebut yaitu bus reguler. Bus menuju Benteng, Selayar berangkat pukul 02.00 WITA dan 09.00 WITA ke pelabuhan Bira, Bulukumba, tiket dikenakan kurang lebihnya 150rb per Orang untuk bus AC. Perjalanan menempuh waktu sekitar 5 jam. Dari pelabuhan Bira, Bulukumba, menyebrang menggunkan kapal feri selama dua jam ke pelabuhan pamatata, Selaayar, kemudian dilanjutkan ke kota Banteng sekitar 1,5 – 2 jam.

  3. Transportasi Darat Travell

    Transportasi dengan menggunakan travell hampir sama ketika menggunakan bus, jadwal keberangkatan sendiri dari Makasar jam 03.00 WITA.

Jalur yang digunakan untuk transportasi darat ada dua yaitu melewati selayar ke utara atau jalur tengah. Berikut jalur yang mungkin dapat menjadi rekomendasi anda.

  1. Jalur Benteng Tinabo
    Setelah sampai di ibu kota Selayar, Benteng wisatawan akan melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan paling selatan, Pelabuhan Pattumbukang sekitar 1,5 jam. Dari pelabuhan itu Anda akan menyeberang dengan kapal kayu Jolloro sekitar 4,5 jam atau speedboat 1,5-2 jam, menuju pintu utara TN Taka Bonerate, yaitu Pulau Tinabo. Pada jalur ini, wisatawan dapat menikmati wisata alam yang terdapat di Pulau Tinabo khususnya para penyelam disuguhkan spot-spot penyelaman di Pulau Tinabo, Latondu. Untuk wisata budaya Anda dapat mengunjungi Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.
  2. Jalur Benteng Jinato
    Untuk jalur yang kedua ini Anda juga perlu melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan paling selatan, Pelabuhan Pattumbukang sekitar 1,5 jam, sebelum menuju pintu barat TN Taka Bonerate. Dari pelabuhan itu Anda akan melakukan perjalanan laut via barat Kepulauan Taka Bonerate, dengan kapal kayu Jolloro sekitar 4,5 jam atau speedboat 1,5-2 jam. Dengan jalur kedua ini Anda akan masuk lewat pintu barat TN, yaitu Pulau Jinato. Lewat jalur ini, wisatawan dapat menikmati panorama alam yang terdapat di Pulau Jinato dan Pulau Lantigiang. Para penyelam akan disuguhkan spot-spot penyelaman. Untuk wisata budaya Anda dapat menyaksikan di Pulau Jinato, Pulau Pasitallu Timur, dan Pulau Pasitallu Tengah. “Jalur kedua ini memang belum banyak yang pake, ga se rame jalur Tinabo. Spot-spotnya lumayan antimainstream,” pungkas Asri.

 

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *