Sebelum Memasaknya, Hindari Mencuci Bahan Makanan Ini

Artikel 2018 Sru Foods

Hai, Teman srupud. Pernahkah anda mendengar istilah larangan mencuci bahan makanan sebelum memasaknya. Saya yakin tentu tidak asing mendengarnya bukan. Nah berbagai alasan hinggap ditelinga kita sehingga kita agak bingung dibuatnya.  Sebenarnya, tidak selamanya jika kita mencuci bahan makanan yang akan kita olah dapat menghilangkan kotoran. Dikutip dari harian kompas dan laman reader diggest ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci sebelum memasaknya.

Berikut ini bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci sebelum memasak.

1. Daging Unggas dan Ikan

Mencuci daging unggas seperti ayam sebelum kita mengolah ternyata bukan merupakan cara yang tepat untuk membuat bakteri atau patogen didalamnya hilang. Justru akan semakin dapat menigkatkan resiko kontaminasi dari bakteri ataupun patogen yang bersarang. Dengan mencuci di wastafel, kemungkinan kita dapat menyebarkan bakteri di seluruh dapur, peralatan yang bersih akan tercemar. Dan solusi yang tepat untuk menyingkirkan bakteri adalah langsung memasaknya dengan suhu yang tepat. Aturan ini juga berlaku untuk ikan atau jenis daging yang lainnya.

2. Daging Merah.

Mencuci jenis daging merah sama persis bahayanya dengan mencuci ayam tadi. Bahan makanan ini juga mengandung bakteri. Selain itu mencuci juga akan menciptakan uap dan akan mempengaruhi rasa. Jadi buat teman semua mulai sekarang cobalah untuk tidak mencuci dagin merah sebelum memasaknya. Sebagai alternatif teman semua dapat menggunakan handung kertas untuk menghilangkan lembab dan bersihkan wastafel dan sekitar setelah anda mencuci daging. Jika diawetkan gunakan lemari es sebagai solusinya.

3. Produk Prewashed dan Salad

Jika anda membeli sebuah produk dan di dalam kemasan tertera logo prewashed atau triple-washed maka makan tersebut sudah tidap perlu lagi untuk anda cuci. Mencuci justru dapat semakin meningkatkan kontaminasi pada makanan. Para produsen sendiri telah mengemas dalam keadaan bersih. jadi teman semua dapat langsung memasaknya tanpa harus mencuci bahan tersebut. Termasuk Salad. 😀

4. Jamur

Jamur sama seperti daging, jika anda mencucinya maka rasa dari jamur akan berubah. Sebenarnya tidak ada bahayanya ketika anda mencuci jamur, tetapi alangkah lebih baik jika membersihkan jamur dengan handuk kertas lembap. Handuk kertas lembab dapat menyerap air seperti spon, karena jamur sendiri sangat menyerap air jadi alangkah baiknya menjauhkan segala hal yang lembab dan elastis.

5. Telur

Masyarakat pada umumnya sering kerap mencuci telur sebelum memasaknya. Memang kadang kita jijik melihat ada berbagai kotoran terkadang menempel pada cangkang telur. Tetapi tidak perlu khawatir pada kebersihan telur bagian dalamnya. Telur memiliki lapisan pelindung alami berupa lapisan ringan minyak mineral atau sering kita lihat sebagai kuning telur yang berfungsi melindungi telur. Jadi ketika kita memasak telur, pastikan anda juga memasak bagian kuning telurnya ya teman. Karena untuk mencegah keracunan makanan dari salmonella atau bakteri lain yang ada di dalam cangkang.

6. Pasta

Memang sedikit unik dengan pasta, ada sedikit alasan mengapa kita tidak diperbolehkan mencuci pasta sebelum memasaknya. Mencuci pasta akan merusak cita rasa yang ada. Selain itu dapat membuat zat pati menghilang sehingga dapat membuat saus sulit meresap. Tetapi jika biji-bijian seperti beras harus ya teman untuk dicuci sebelum memasak, agar mendapatkan rasa dan kosistensi yang tepat.

Share Artikel Ini
7Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *