Pendaftaran CPNS Guru Dapat Diakses 19 September 2018

Artikel 2018 Breaking News CPNS 2018 Update

Pendaftaran CPNS 2018 semakin dekat. Penerimaan CPNS 2018 juga telah resmi dibuka. Pada kegiatan rapat koordinasi nasional pengadaan CPNS oleh BKN bersama Kementrian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Jakarta, Kamis (6/9/2018), telah disampaikan pendaftaran akan dibuka pada 19 September 2018.

Total ada sekitar 122.454 formasi tenaga pendidik untuk mememnuhi kebutuhan instansi pemerintah pusan dan daerah. Dari total tersebut akan terdiri dari guru madrasah Kementrian Agamam 14.454 formasi, Guru kelas dan mata pelajaran untuk pemerintah daerah sekitar 88.000 formasi dan guru agama pemda sebanyak 8.000 formasi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyampikan beberapa hal yang wajib diperhatikan terkait proses pendaftaran ini, diantaranya :

1. Pendaftaran melalui Portal Nasional

Pendaftaran dan seleksi CPNS akan terintegrasi dan hanya melalui portal nasional yaitu https://sscn.bkn.go.id dan tidak ada portal pendaftaran lain oleh instansi.

2. Tes Berbasis Komputer

Ingat sepertihalnya tes CPNS sebelumnya, untuk tes CPNS 2018 tetap menggunakan tes berbasis komputer (CAT BKN) baik pelaksanaan SKD maupun SKD. BKN juga menguraikan bahwa untuk mengantisipasi dengan jumlah peserta seleksi mencapai 5-6 juta orang akan berupaya meningkatkan server.

3. Perhatikan NIK anda.

Perihal “update” data NIK, BKN berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga telah siap mengalami trafik yang tinggi.

4. Lokasi Tes sebanyak 176 Lokasi

Hingga saat ini telah direncanakan untuk tes CPNS 2018 nantinya ada 176 titik lokasi. Lokasi ini terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di Indonesia, fasilitas mandiri, dan kerja sama dengan pemerintah daerah.

5. Siap diakses Laman 19 September 2018

Laman resmi sscn.bkn.go.id akan aktif dapat di akses pada 19 September 2018 dan akan difungsikan setelah semua K/L/D (Kementrian/Lembaga/Departemen) memasukkan formasi dan persyaratan pelamar. Proses ini memakan waktu sampai 18 September 2018.

6. Imbauan pesyaratan dan IPK sesuai wilayah.

Perihal syarat administrasi pendaftaran, kepala BKN mengimbau seluruh instansi penerima CPNS 2018 agar memberikan persyaratan yang wajar dan tidak menyusahkan masyarakat pelamar. Persyaratan seperti akreditasi dan indeks prestasi kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing.

Share Artikel Ini
1Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *