Kuliner dari Kota Manado yang Cocok Buat Sarapan

Artikel 2018 Highlight Foods Sru Foods

Salah satu Kota yang berada di Sulawesi Utara yaitu Manado ini memang menarik untuk diulik. Ketika kita berada dikota Manado selain menikmati tempat wisatanya, pastinya kita akan ikut juga untuk menikmati kuliner yang ada di kota tersebut. Makanan yang memang pas untuk lidah kita, pastinya kita akan mencarinya di kota itu. Ada beberapa kuliner yang cocok ketika anda berada di Kota Manado, dimana kuliner ini pas dan cocok sekali untuk kita sarapan.

1. TINUTUAN

Jarang sekali jika bukan orang manado asli untuk mengetahui jenis makanan yang satu ini. Tinutuan mempunyai nama beken yaitu Bubur Manado. Tinutuan merupakan makanan yang terbuat dari camputan dari berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran tersebut diantaranya kangkung, bayam, kemangi dan khas daun gedi. Selain sayur-sayuran tinutuan sendiri juga dicampur dengan jagung, singkong, labu dan bubur beras. Untuk rasa dari tinutuan sendiri yaitu rasa gurih dan segar. Makanan pendamping untuk tinutuan adalah bakwan, ikan cakalang fufu (cakalang asap). Nah, jangan lupa ya untuk mencicipi bubur manado ketika berada di kota manado.

2. NASI KUNING MANADO

Nama nasi kuning sendiri tidak asing untuk kita. Banyak kota yang memang menyediakan nasi kuning. Nah, yang unik dari nasi kuning manado sendiri yaitu dengan dibungkus menggunakan daun janur. Nasi kuning manado sendiri disertai irisan ikan cakalang, dan daging sapi dalam bentuk irisan kecil-kecil. Tetapi terkadang ada juga yang dalam bentuk abon ikan cakalang. Selain itu juga dilengkapi seperti nasi kuning pada umumnya yaitu telur rebus, kentang kering, daun bawang. Anda bisa mendapatkan nasi kuning yang terkenal di Kampung Kodo atau di Rumah Makan Saroja dan Rumah Makan Selamat Pagi. Jika malam hari, puluhan penjual nasi kuning banyak ditemui di daerah Komo, yang membuka lapak hingga subuh.

3. PISANG GORENG

Namanya pisang goreng, sudah jelas sekali ini cocok sekali untuk camilan dipagi hari dengan kondisi hangat. Banyak sekali dijumpai pisang goreng diberbagai kota. Tetapi jika di kota manado pisang goreng ini disajikan dengan sambal dabu-dabu. Bisa anda bayangkan betapa menggoda pisang goreng yang satu ini. Tekstur dari pisang manado sendiri sangat kesat, tidak lembek tetapi manis. Ada yang unik lagi yaitu pisang sepatu, dimana biasana orang lokal menyebutnya dengan sepatud. Juga ada pisang goroho, dimana pisang ini akan digoreng garing tetapi dalam kondisi pisang belum masak. Semua pisang goreng ini tetap disantap dengan dabu-dabu. Kawasan kuliner Sabuah Bulu di Malalayang menjadi tempat favorit menyantap pisang goreng. Datanglah pagi atau menjelang sore, ratusan kios di sana akan menawarakan suasana matahari terbenam yang ditemani pisang goreng dan secangkir kopi.

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *