Ini dia Cerita di Balik Dinosaurus pada Chrome

Artikel 2018 Sru Tekno

Browser merupakan salah satu komponen penting ketika anda ingin berselancar di dunia maya atau internet. Tidak asing jika anda mendengar Google Chrome, yang notabennya adalah sama dengan Mozilla Firefox. Ketika anda sedang menggunakan Chrome dan pada saat anda sedang enak berinternet, secara tiba-tiba internet anda putus atau lost. Alhasil laman Chrome muncul seekor dinosaurus dalam bentuk piksel.

Dinosaurus ini merupakan bentuk hiburan agar anda tidak suntuk ketika koneksi anda putus. Anda dapat memainkan game dinosaurus ini dengan teknik menekan tombol pada keyboard maka dinosaurus akan loncat untuk meloncati halang rintang.

Tapi mengapa harus dinosaurus? ” Game itu mengingatkan zaman pra sejarah sebelum ada Wi-Fi dimana-mana,” jelas perancang game dinosaurus loncat di Google Chrome, Sebastien Gabriel.  Dalam ulang tahun game dinosaurus yang keempat, Gabriel memberi penjelasan jika latar belakang kaktus dan gurun adalah iterasi dari laman “Anda sedang offline”, sementara gaya visual game dinosaurus adalah ciri khas Google Chrome saat ada masalah.

Game dinosaurus “menetas” pada September 2014. Gabriel menjelaskan proyek game ini semula bernama “Project Bolan”, merujuk pada Marc Bolan, vokalis band rock ’70-an asal Inggris, T-Rex . Awalnya game dinosaurus ini gagal berjalan di perangkat Android khususnya versi lawas, tapi saat ini sudah berekspansi ke berbagai paltform.

Berdasarkan teknisi UX Chrome, Edward Jung, 270 juta game dino Chrome dimainkan tiap bulannya, baik via desktop maupun mobile. Pemainnya kebanyakan berasal dari negara dengan koneksivitas internet rendah, seperti India, Brazil, Meksiko termasuk Indonesia.

Si dinosaurus selalu muncul setiap kali internet offline. Namun jika ingin memainkannya sekarang tanpa menunggu internet terputus, Anda bisa mengunjungi tautan chrome://dino di browser google chrome anda. Karena masih merayakan ulang tahunnya, si dino harus memakan kue warna warni dilengkapi dengan topi ulang tahun.

Sumber : Kompas Tekno

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *