Ini dia Bedanya Soba dan Udon

Artikel 2018 Highlight Foods Sru Foods

Makanan Jepang memang tidak sedikit penggemarnya di Indonesia. Makanan jepang yang paling mudah di jumpai di indonesia diantaranya adalah ramen. Selain ramen, yang patut anda coba makanan jepang adalah soba dan udon.  Tetapi, tahukan anda perbedaan kedua makanan ini ? Berikut penjelasannya.

Soba merupakan mie yang dibuat dari tepung buckwheat, memiliki karakter rasa yang lebih kuat dibanding dengan udon dan ramen, hal ini dikarenakan sensasi selintasan rasa kacang. Namun beberapa pembuat soda kerap mencampur dengan tepung terigu. Tentu saja soba yang terbuat benar-benar hanya dari tepung buckwheat (gandum kuda) memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat serta tentu saja lebih lezat. Jika Anda ingin membelinya di supermarket yang khusus menjual bahan-bahan masakan Jepang, Anda bisa menemukannya dalam bentuk kering. Bentuknya pipih dan warnanya coklat keabuan.

Jika anda berkunjung ke restoran, soba biasanya disajikan dengan kuah. Tetapi sensasi akan berbeda jika anda menikmati soba dalam keadaan dingin. Soba sangat pas dinikmati ketika cuaca panas. Hidangan yang menggunakan soba adalah kake soba, tempura soba, kirsune soba, zaru soba hingga tororo soba.

Sedangkan udon hampir mirip seperti ramen. Keduanya merupakan mie yang terbuat dari tepung terigu. Perbedaan ada pada bentuknya. Ramen memiliki bentuk yang tipis dan lebih panjang, sedangkan udon memiliki bentuk yang tebal dan memanjang. Ukuran panjang udon lebih pendek dari  pada ramen. Bentuknya sendiri bisa bulat, tetapi ada juga yang lebih pipih. Tekstur nya sendiri saat digigit lembut dan kenyal. Anda bisa membeli udon dalam bentuk mie kering, namun rasa udon terbaik adalah dalam bentuk mie basah.

Kedua bentuk ini, baik kering maupun basah, bisa ditemukan di supermarket yang khusus menjual bahan masakan Jepang. Secara rasa, udon tidak sekaya soba. Rasanya cenderung tawar karena bahan utamanya hanya tepung terigu, garam, dan air. Oleh karena itu, udon cocok dipadukan dengan saus atau kuah dengan rasa dan aroma yang kuat.

Sumber : Kompas travell

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *