Ini Cara Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet

Artikel 2018 Sru Tips

Indonesia sangat terkenal akan rempah-rempah yang melimpah, sehingga kita sendiri tak heran jika makanan indonesia terutama makanan tradisionalnya kaya akan bumbu rempah yang menjadikan makanan lezat. Penyimpanan rempah dan bumbu ini perlu sangat diperhatikan jika membeli dalam jumlah yang berlebih. Alangkah baiknya jika kita menyimpan di dalam tempat yang sejuk dan tidak panas.

Kelembapan, cahaya dan panas akan sangat berpengaruh didalam bumbu dan rempah, yaitu dengan hilangnya rasa tersebut lebih cepat. Yang sering kita jumpai pada saat ini adalah dengan menyimpan bumbu dan rempah yang sering dipakai untuk memasak yaitu diatas kompor atau di area yang dekat sekali dengan kompor. Perlu diketahui, jika kita dapat menyimpan dengan baik maka rempah dapat bertahan selama 3 sampai 5 tahun.

Nah, berikut ini tips menyimpan rempah agar tahan lama dan memiliki kesegaran tetap terjaga.

  • Haluskan rempah sehingga menjadi bumbu dalam bentuk serbuk. Panggan rempah dalam wajan yang kering dengan api sedang sebelum dihaluskan. Karena ini dapat mempertahankan rasa dan hati-hati agar tidak membakarnya.
  • Hindari untuk melakukan penyimpanan bahan herbal dan rempah di dalam kulkas. Alangkah baiknya menyimpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan dalam pembeku.
  • Jangan berlebih menyimpan rempah dan bahan herbal dalam bentuk bubuk, karenan rasa dan aroma rempah ini akan keluar dengan kuat.
  • Untuk pembuatan masakan yang memakan proses memasak yang lama, tambahkan bumbu dan rempah-rempah satu jam.
  • Tambahkan bumbu kering ke piring atau wadah sesuai takaran.
  • Jangan gunakan lebih dari tiga bumbu dan rempah-rempah dalam satu piring.
  • Kayu manis, pala, cengkeh umumnya digunakan untuk hidangan manis.

Nah, semoga dapat membantu ya…

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *