Cegah Food Coma dengan Cara Ini

Artikel 2018 Sru Tips

Pernahkah teman srupud semua mengalami dengan yang disebut Food Coma? Bagi anda yang belum mengerti apa itu Food Coma berikut penjelasannya. Food Coma adalah dimana anda merasa sering lemas dan mengantuk ketika anda telah selesai makan besar. Makanan yang anda makan tentu mengandung karbohidrat tinggi dan triptofan. Sebenarnya ini merupakan kondisi yang wajar, karena kandungan tersebut telah memicu tubuh kita untuk menghasilkan hormon serotonin dan melatonin dimana hormon tersebut membuat rasa kantuk berlebih.

Selain lemas, mengantuk gejala food coma biasanya terjadi pada perut yang terasa begah, kembung dan otak sulit sekali untuk berkonsentrasi. Walupun dikatakan wajar tetapi kita tetap harus waspada ya teman, siapa tahu rasa kantuk dan kecapekan setelah makan disebabkan karena ganguan kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut mari kita coba beberapa tips ini.

1. Wajib Memperhatikan Porsi Makan

Bagi teman semua, ketika kita mengambil makanan hendaknya kita memperhatikan porsi yang kita ambil. Jangan mengambil terlalu berlebihan. Alangkah baiknya mengambil sedikit atau secukupnya saja.  Menurut penelitian, bahwa makan dalam jumlah besar dapat meningkatkan terjadi food coma. Tubuh akan membutuhkan energi lebih besar untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Sehingga ini akan membuat merasa cepat lelah, lemas, mengantuk. Nah, selain itu perhatikan juga tekstur makanan. Alangkah baiknya anda makan dengan menyertakan makanan berkuah untuk menemani makanan padat anda.

2. Lakukan aktifitas setelah makan.

Setelah anda mengkonsumsi makanan alangkah baiknya anda melakukan aktifitas ringan. Seperti berjalan mengelilingi ruangan dll. Jangan anda langsung duduk, karena ini dapat memicu terjadi food coma. Aktifitas yang anda lakukan cukup ringan tidak perlu berat, karena untuk menstimulasi otot. Berjalan setelah makan dapat melancarkan proses pindahnya makanan ke sistem pencernaan serta dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

3. Hindari Makanan atau Minuman yang memiliki kandungan gula, lemak dan karbohidrat tinggi.

Alangkah lebih baik memilih makanan yang memiliki kandungan gula, lemak dan karbohidrat yang rendah. Satu porsi dapat menyeimbangkan asupan protein dan karbo moderat, serta lemak sehat dengan porsi kecil. Usahakn ya teman semua agar tidak terjadi food coma pada diri anda.

4. Kecepatan Mengunyah yang Baik

Jika teman semua termasuk dalam makan dengan kecepatan mengunyah yang cepat, mulai sekarang usahakan untuk tidak melakukan itu lagi. Cukup mengunyah dengan pelan pelan saja. Mengunyah dengan cepat dapat mengganggu pencernaan teman semua. Jika dihitung sampai 32 kali. Ini bisa mempermudah lambung dalam mencerna makanan jadi energi.

5. Minumlah Air Putih Dahulu

Mungkin banyak di antara teman semua belum mengetahui akan hal ini, yaitu dengan melakukan minum air putih sebelum makan. Meminum air putih 30 menit sebelum makan akan membantu mengontrol rasa lapar serta membantu sistem pencernaan bekerja secara lebih maksimal.

Share Artikel Ini
1Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *