Cara Simpel Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Artikel 2018 Sru Tips

Kanker payudara merupakah hal yang mayoritas dialami oleh seroang wanita. Beberapa hal yang menyebabkan munculnya kanker payudara. Pada bulan Oktober ini adalah kesaradan kanker payudara, setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai hari Kanker Payudara Sedunia.

Menurut American Institute for Cancer Research, 1 dari 8 wanita dapat menderita kanker payudara. Para peneliti terus melakukan tindakan untuk mengidentifikasi, mulai dari gaya hidup, lingkungan dan bahkan faktor genetik seseorang. Faktor genetik tidak dapat dirubah, tetapi faktor gaya hidup dapat dirubah agar dapat mencegah terserang kanker payudara.

Berikut ini adalah cara mencegah kanker payudara yang dapat anda terapkan pada diri anda masing-masing dan dilansir dari Boldsky

  1. Diet Rendah Lemak
    Diet yang rendah lemak tentau dapat membantu kita di dalam menurunkan resiko terkena kanker payudara. Dengan diet rendah lemak telah dicatat bahwa dapat bertahan lebih lama dan memiliki peluang lebih kuat bertahan dari kanker payudara. Kelangsungan hidup lebih tinggi dibanding dengan orang yang mengkonsumsi makanan biasa.
  2. Menyusui
    Resiko kanker dapat dikurangi jika ibu menyusui selama lebih dari 1 Tahun. Karena dengan menyusui dapat membatasi kemampuan sel payudara untuk bertindak tidak normal. Wanita yang menyusui memiliki siklus menstruasi yang lebih sedikit sehingga menyebabkan kadar hormon estrogen dalam tubuh lebih rendah. Hormon estrogen merupakan salah satu hal yang berperan memicu kanker payudara.
  3. Aktif fisik
    Lakukan kegiatan fisik untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Dengan melakukan kegiatan fisik setidaknya anda berjalan cepat selama 1 atau 2 jam maka dapat memiliki penurunan resiko kanker sampai 18 persen.
  4. Hindari Minuman Beralkohol
    Semakin sering mengkonsumsi semakin cepat anda berpotensi meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Alangkah baiknya tidak meminum minuman yang beralkohol agar tubuh tetap sehat.
  5. Stop Merokok
    Sudah jelas tertera di bungkus rokok, bahwa rokok membunuhmu. Merokok juga diketahui dapat meningkatkan komplikasi dari perawatan kanker payudara.
  6. Terapi penggatian hormon
    Menurut breastcancer.org, wanita dengan terapi penggantian hormon memiliki risiko lebih tinggi didiagnosis kanker payudara. Wanita yang menggunakan terapi hormon estrogen saja memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang belum pernah menjalani terapi hormon. Bahkan, wanita yang merupakan pengguna kombinasi terapi hormon memiliki dua kali lipat risiko kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakannya.
  7. Cek Kesehatan pada Dokter, Payudara anda setiap bulan
    Memeriksakan payudara setiap bulan sangat penting untuk menemukan benjolan. Cara ini dapat mencegah awal timbulnya kanker payudara yang membuatnya lebih mudah untuk diobati dengan tepat.
Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *