Cara Pembuatan dan Perpanjang SKCK Terbaru

Artikel 2018 Highlight Tips Sru Tips

Hai teman srupud semua. Untuk saat ini sedikit memberikan arahan mengenai alur dan persyaratan untuk pembuatan baru SKCK maupun memperpanjang SKCK. SKCK sendiri memiliki kepanjangan yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Sedikit intro mengenai SKCK, bahwa hal ini sudah tidak asing bagi teman-teman semua yang ingin melamar pekerjaan. Kemungkinan besar selalu ada syarat yang wajib terpenuhi jika ingin melamar pekerjaan. Sebenarnya tidak hanya pekerjaan saja, banyak hal juga yang mewajibkan kita harus melampirkan surat yang satu ini.

Untuk kali ini salah satu team srupud pernah melalukan hal tersebut, yaitu membuat baru  SKCK. Dan team akan sedikit berbagi mengenai alur dan persyaratan jelasnya. Team melakukan pada kota Madiun ya teman, setidaknya akan sama untuk daerah yang lainnya. Tidak ada kesulitan di dalam pembuatan baru SKCK maupun perpanjangan SKCK asalkan kita menjadi masyarakat yang mau membaca terlebih dahulu. Budayakan membaca dengan jeli ya teman srupud semua.

Jadi untuk area POLRES Kota Madiun sendiri di depan tempat untuk mengurus surat SKCK sudah tertera dengan jelas proses alur untuk memperpanjang atau membuat baru. Jadi tidak mungkin bingung. Alur membuat SKCK sendiri pastikan anda meminta terlebih dahulu surat dari RT/Desa yaitu surat pengantar. Kalau dari RT tahap selanjutnya adalah ke Kelurahan kemudian Kecamatan lalu ke POLSEK setempat dan terakhir adalah POLRES.

Untuk di Kelurahan sendiri cuma diminta fotocopy Kartu Keluarga 1 Lembar dan Foto 4×6 background merah 1 Lembar. Untuk Kecamatan fotocopy Kartu Keluarga (KK) atau KPT 1 Lembar dan Foto¬† 4×6 background merah 1 Lembar juga. Untuk mendapatkan Surat Rekomendasi dari POLSEK setempat diperlukan fotocopy Akte Kelahiran, KTP, KK, Surat dari Kecamatan yang telah didapatkan, dan Foto 4×6. Setelah mendapatkan itu semua tinggal menuju POLRES, ingat tahapan diatas kemungkinan setiap orang dan daerah sedikit berbeda ya teman.

Setelah di POLRES berikut syarat yang wajib terpenuhi.

Syarat pembuatan SKCK Baru :

  1. Surat Pengantar dari Desa / Kelurahan Kecamatan
  2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotocopy Kartu Identitas Diri (KTP)
  4. Fotocopy Akte Kelahiran / Ijasah
  5. Pas photo ukuran 4×6 dengan background warna merah sebanyak 6 lembar.
  6. Persyaratan Khusus untuk pencarian SKCK dengan keperluan CPNS, TNI/POLRI, BUMN, Nikah, TKI wajib disertai surat rekomendasi dari Polsek setempat.
Syarat pembuatan SKCK baru
Syarat pembuatan SKCK Baru

Syarat perpanjangan SKCK :

  1. Fotocopy SKCK Lama
  2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotocopy Kartu Identitas Diri (KTP)
  4. Fotocopy Akte Kelahiran / Ijasah
  5. Pas photo ukuran 4×6 dengan background warna merah sebanyak 6 lembar.
  6. Persyaratan Khusus untuk pencarian SKCK dengan keperluan CPNS, TNI/POLRI, BUMN, Nikah, TKI wajib disertai surat rekomendasi dari Polsek setempat.
  7. Max untuk SKCK lama adalah 1 tahun
Syarat PERPANJANG SKCK
Syarat PERPANJANG SKCK
Syarat PERPANJANG SKCK

Nah, tips ketika mencari surat pengantar mulai dari RT atau Desa sampai selajutnya katakan dengan jelas kepada petugas tujuan anda mencari SKCK hanya untuk pekerjaan saja atau untuk keperluan CPNS dan sejenisnya. Agar petugas tidak salah membuat keterangan nantinya di dalam SKCK teman-teman semua. Sedangkan untuk perpanjang max adalah 1 tahun, tapi jika teman teman semua sudah lebih dari 1 tahun, apasalahnya mencoba mengatakan kepada petugas bahwa dulu sudah pernah memiliki tetapi lebih dari 1 tahun agar petugas mengarahkan bagaimana baiknya. Apakah akan buat baru atau diperpanjang saja. Dan tips yang paling penting adalah berangkat pagi-pagi agar tidak antri terlalu banyak, biar cepat selesai urusannya. Hehe..

Semoga membatu teman-teman semua ya.

Team Srupud

 

Share Artikel Ini
8Shares

2 thoughts on “Cara Pembuatan dan Perpanjang SKCK Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *