Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Artikel 2018 Highlight Tips Sru Tips

Olahraga merupakan kebutuhan wajib setiap orang, mulai dari usia muda hingga tua. Berbagai manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan. Sehingga dalam sehari kita setidaknya melakukan olahraga minimal 30 menit. Tetapi banyak orang juga, ketika melakukan olahraga hari ini tetapi besoknya sudah stop tidak olahraga lagi. Ditemukan dari responden berbagai macam alasan, mulai dari waktu yang minim, malas, dan kadang sakit atau nyeri setelah olahraga menjadi alasan tersendiri.

Oya, sebagai informasi nyeri otot ini disebut sebagai DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Sebenarnya ini wajar terjadi pada orang yang jarang sekali berolahraga dan baru memulai olahraga. Karena merubah pola aktivitas otot merasa akan dilatih dengan keras yang berbeda dari biasanya. Nah, kadang ini dapat menyebabkan kerusakan mikroskopis pada serat otot. Ini yang menyebabkan nyeri dan kaku, dan biasanya akan muncul 12 sampai 24 jam setelah berolahraga. Puncaknya akan terjadi 24 sampai 72 jam dan akan berangsur pulih dalam 3 sampai 5 hari.

Untuk kali ini ada beberapa tips untuk mengatasi masalah nyeri otot setelah olaharaga. Jadi tidak ada lagi alasan anda tidak berolahraga ya teman. Berikut tips mengatasi nyeri otot setelah olahraga :

1. Mulailah berolahraga secara bertahap.

Beri waktu untuk otot beradaptasi dengan pola rutinitas yang baru. Otot akan merasa kaget jika kita langsung melakukan olahraga keras dan bersifat memaksa. Jangan melakukan hal tersebut agar otot tidak cidera parah.

2. Lakukan Peregangan Otot.

Wajib dilakukan untuk mengidari rasa sakit pada otot anda. Setelah berolahraga otot akan cenderung kaku, maka lakukanlah pergangan untuk mengurangi ketegangan otot anda.

3. Melakukan Pijatan Lembut

Melakukan pijatan pijatan lembut pada otot akan mempercepat pemulihan sehingga otot tidak tegang. Selain itu pijatan juga dapat memperlancar peredaran darah. Lakukan secara perlahan dan terus menerus agar mempercepat proses pemulihan.

4. Kompres area nyeri dengan air panas dan air dingin bergantian.

Mendinginkan area yang nyeri akan membantu otot mengeluarkan cairan yang menyamarkan rasa nyeri. Tempelkan atau kompres es selama 15 menit kemudian diikuti dengan kompres panas selama 15 menit, dan ulangi lagi. Penelitian membuktikan bahwa perpaduan kompres panas dan dingin sangat efektif untuk melancarkan sirkulas darah dan menyembuhkan otot-otot yang terluka.

5. Minum obat anti inflamasi

Jika memang anda merasa tidak nyaman segera minum obat anti inflamasi. Obat anti-inflamasi yang dapat digunakan antara lain aspirin dan ibuprofen, karena akan cepat meredakan nyeri pada otot. Ingat harus sesuai dengan petunjuk penggunaan ya teman.

6. Konsumsi Air dan Makanan yang sehat.

Mengkonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh sangat membantu sekali di dalam pemulihan. Jangan sampai anda mengalami dehidrasi pada saat olahraga. Sedangkan makanan yang mengandung lebih sedikit kolesterol dan garam serta memiliki fungsi anti-inflamasi diantaranya Minyak zaitun, Ikan, Kacang-kacangan, Buah buahan.

Nah, semoga membantu ya teman srupud. Jangan lupa like postingan ini dan share ke teman atau grup kalian. Mari berbagi hal postifi teman semua.

Share Artikel Ini
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *